Berapa lama seekor ayam bisa hidup tanpa kepalanya ?

Sekitar dua tahun.
Pada tanggal 10 September 1945, seekor ayam jantan muda yang gemuk di Fruita, Colorado, telah dipenggal kepalanya dan tetap hidup. Hebatnya, kapak yang dipakai tidak mengenai pembuluh vena dan meninggalkan cukup banyak batang otak yang terhubung dengan leher sehingga membuat ayam itu dapat bertahan hidup, bahkan terus membesar.
Mike, demikian ia dikenal, menjadi pesohor nasional, berpergian kemana-mana dan muncul dalam majalah Time dan Life. Pemiliknya, Lloyd Olsen, memasang harga 25 sen untuk satu kali kesempatan bertemu dengan “Mike si Ayam Ajaib Tanpa Kepala” dalam berbagai pertunjukan di Amerika Serikat. Mike akan muncul lengkap dengan kepala seekor ayam yang telah dikeringkan yang dikatakan merupakan kepalanya sendiri~sebenarnya, kucing keluarga Olsen telah mencuri kepalanya yang asli. Pada masa puncak kejayaannya, Mike mengumpulkan 4.500 dollar sebulan, dan dihargai 10.000 dollar. Kesuksesannya tersebut berakibat munculnya gelombang ayam-ayam peniru yang dipenggal kepalanya, meskipun tak satu pun dari korban yang malang itu bertahan hidup lebih dari satu atau dua hari.
Mike diberi makan dan minum dengan menggunakan alat tetes mata. Dua tahun setelah Mike kehilangan kepala, berat badannya hamper tiga kilogram dan dengan gembira dia menghabiskan waktunya dengan dengan menjilat-jilat dan “mematuk-matuk” makanan dengan lehernya. Seseorang yang sangat mengenal Mike berkomentar:”Ia adalah seekor ayam gemuk yang tak tahu bahwa dia tidak memiliki kepala”.
Suatu malam terjadi tragedy di sebuah kamar motel di Phoenix, Arizona. Mike mulai sesak napas dan Lloyd Olsen debgan cemas baru sadar bahwa dia telah meninggalkan alat tetes matadi acara pertunjukan pada hari sebelumnya. Tidak mampu mendapatkan udara, Mike sesak napas hingga mati.
Mike tetap menjadi figure yang dipuja di Colorado dan, setiap bulan Mei sejak tahun 1999, Fruita telah menandai kematiannya dengan merayakan Hari “Mike Si Ayam Tanpa Kepala”.

~ oleh harvarlordmania pada 11 Oktober 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: